Kamis, 14 Desember 2017

Cara Mengatasi "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" Pada Ms.Visual Studio


Hallo sobat Dracoplay. Duh maaf nih Mimin jarang post Game dan Aplikasi lagi, Mimin sibuk hehehe. Nah tapi sekarang Mimin akan berbagi tips Cara Mengatasi "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" Pada Ms.Visual Studio. Tepatnya pada saat mengkoneksikan data dari luar kedalam VB.NET.
Kenapa Mimin post artikel ini, itu karena Mimin sendiri mengalami hal tersebut hehehe, jadi Mimin ingin berbagi solusi buat sobat semua.  Namun sebelum itu kita bahas dulu kenapa bisa terjadi error seperti itu. Hal ini dapat terjadi karena 2 hal yaitu yang pertama versi Windows sobat bukan versi 32bit dan yang kedua belum terinstalnya Database Engine. Namun jika sobat harus menginstal ulang OS dengan Windows 32bit rasanya sangat sangat ribet ya, maka dari itu Mimin akan memberi solusi dengan mendownload Database Engine dan menginstalnya di Windows sobat sendiri. Tentunyasobat harus meninstall seri Ms.Visual Basic tentunya, kalau belum sobat bisa download di sini untuk 2013 dan disini untuk 2015. 

Jika sobat punya masalah serupa, yuk mari kita bahas step demi stepnya namun tidak membahas tutorial cara mengkoneksikan databasenya ya karena Mimin rasa sobat sudah pada tau hehehe.


  • Pertama,sobat bisa mendownload Database Enginenya disini. Klik Download > Pilih Database Engine. 
  • Setelah didownload sobat bisa Install Database Enginenya terlebih dahulu. Klik Kanan Database Engine > Run As Administrator.
  • Klik Next.
  • Centang "I accept the terms of the license Agreement" > Next.
  •  Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah proses selesai, klik Finish. Itu artinya Database Engine sudah terinstal dan sobat bisa mengkoneksikan database dari luar kedalam VB.NET.
  • Untuk tampilan form saat sudah berhasil mengoneksikan Database dari luar kedalam VB.NET kurang lebih seperti ini. Kemudian klik Finish

Demikian informasi yang dapat Mimin sampaikan pada sobat semua. Mimin harap artikel ini bisa menjawab rasa penasaran sobat. Terima Kasih sudah berkunjung keblog Mimin hehehe. Selamat mencoba.
Sampai Jumpa di artikel berikutnya ya.

1 komentar:
Write komentar
  1. Sy pke windows10 x64 dan ms 2016. Sdh downlod data accessengine dri 2007,2010,2010,2016 tetep g bsa. Kenapa ya min..kira2

    BalasHapus